Headlines

Misteri

Fauna

Culture

» » » » Sekolah ini menyimpan mumi korban perang saudara Rwanda


Murambi Genocide Memorial Centre adalah situs sejarah yang terletak di Distrik Murambi, Rwanda. Tempat itu dulunya adalah sebuah gedung sekolah dengan nama Murambi Technical School. Gedung itu merupakan lokasi pembantaian dalam peristiwa genosida Rwanda yang terjadi pada tahun 1994. Saat itu terjadi perang saudara antara suku Tutsi dan Hutu. Hutu merupakan kelompok militan yang membenci Tutsi dan berniat menghabisi penduduk dari suku tersebut.
Pada peristiwa pembantaian yang terjadi pada 21 April 1995, 65.000 orang Tutsi melarikan diri ke Murambi Technical School untuk bersembunyi dari kejaran pasukan Hutu Interhamwe yang ingin membantai mereka. Tetapi mereka berhasil ditemukan dan akhirnya dibantai di tempat oleh pasukan Hutu. Sekitar 45.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak terbunuh pada peristiwa itu. Sisanya berhasil melarikan diri, tetapi kebanyakan berhasil ditangkap kembali dan dibunuh. Untuk menutupi perbuatannya dari mata dunia internasional, pasukan Hutu mengubur jasad puluhan ribu korban mereka di satu lubang raksasa dan mendirikan sebuah lapangan voli di atasnya.
rtwr
Photo by www.wildwhispersafrica.com
rwr
Photo by opentravel.com /Melanie Kotsopoulos
ree
Photo by www.newtimes.co.rw

Sekarang gedung sekolah yang menjadi lokasi pembantaian itu diabadikan sebagai memorial center merangkap museum genosida yang dibuka untuk umum. Para pengunjung yang datang ke sana akan didampingi oleh pemandu yang dengan senang hati memberikan penjelasan mengenai riwayat sejarah tempat itu.
Sejumlah kerangka dan jasad para korban yang dimumikan ikut dipertontonkan. Mumi-mumi tersebut diletakkan di dipan-dipan. Sementara tengkorak dan baju-baju para korban diletakkan di rak-rak yang ada di sudut ruangan.

Sumber : http://www.merdeka.com/gaya/sekolah-ini-menyimpan-mumi-korban-perang-saudara-rwanda.html

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply