Headlines

Misteri

Fauna

Culture

» » » » Terciptanya Pulau Baru di Jepang Akibat Aktivitas Gunung Berapi


Sebuah letusan gunung berapi telah mengangkat sebuah pulau di tengah laut di ujung selatan Tokyo. Badan Meteorologi Jepang menyatakan pulau ini berdiameter sekitar 200 meter, dan tepatnya berada di lepas pantai Nishinoshima, pulau tak berpenghuni di Ogasawara, yang juga dikenal sebagai Kepulauan Bonin oleh warga setempat.

Pulau-pulau di sekitarnya, yang berjumlah sekitar 30, beberapa juga terbentuk karena aktivitas gunung berapi di sabuk Pasifik, atau dikenal sebagai wilayah "Ring of Fire".

Pihak berwenang Jepang mengeluarkan peringatan pada Rabu tentang asap tebal dari letusan gunung api. Tayangan televisi menunjukkan asap tebal, abu, dan batuan berhamburan dari kawah, bersamaan dengan uap yang mengepul ke langit.

Penjaga pantai, Hiroshi Ito, mengatakan kepada jaringan beritaFNN bahwa ada kemungkinan pulau baru itu akan terkikis. "Tapi bisa juga tetap dan permanen," katanya.

Terakhir kali gunung berapi di daerah itu diketahui meletus pada pertengahan 1970-an. Sebagian besar aktivitas vulkanik terjadi di bawah laut, yang membentang ribuan meter sepanjang Palung Izu-Ogasawara-Marianas.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, menyatakan pulau itu akan menjadi "wilayah baru" negaranya, walaupun belum memutuskan untuk memberi nama. "Hal ini pernah terjadi sebelumnya. Dan dalam beberapa kasus, pulau baru itu menghilang," katanya. 


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/11/21/061531470/Aktivitas-Gunung-Api-Ciptakan-Pulau-Baru-di-Jepang

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply